Perbedaan Rangka "Frame" Sepeda BMX Hi-tensile steel (Hi-ten) dan Chromoly


 Perbedaan Rangka "Frame" Sepeda BMX Hi-tensile steel (Hi-ten) dan Chromoly 

Sebenarnya (Chromium Molibdenum) itu masih dalam keluarga steel alias besi. bahan dasarnya besi. kalo diliat dari sisi kekuatan, dengan ketebalan pipa yang sama chromoly bisa dua ato bahkan tiga kali lebih kuat dari pada Hi-ten. tapi karena yang dicari adalah bobot yang ringan maka frame chromoly pipanya ditipisin sehingga bobotnya lebih enteng tapi kekuatannya bisa sama ato bahkan lebih dibanding Hi-ten.

frame yang bagus itu selain bahannya juga mesti diperhatiin bahan pipanya, desain, dan tekhnik pengerjaan/pengolahannya. ngelas chromoly itu nggak bisa sembarangan, mesti pake TIG welding (tungsten inert gas welding) yang alatnya cukup mahal dan hanya sedikit tempat las yang punya karena biasanya di pabrik2 besar, selain dari las TIG masih bisa, tapi gak akan kuat. 

Untuk itu sebaiknya jangan mudah percaya jika ada builder frame custom yang ngaku bisa bikin frame chromoly pake las argon ato alat las laen selain TIG. chromoly sendiri juga ada gradenya, pipa chromoly keluaran Amerika (supertherm), Jepang (Sanko, Mugen), ato Taiwan masih lebih kuat daripada chromoly Cina (kalo lokal ane belom tau, soalnya belom pernah coba). bedanya biasanya diracikan bahan sama heat treatment-nya yaitu pemanasan pipa sebelum dan sesudah dibuat jadi frame. fr

ame yang bagus biasanya di heat treatment sebelum (ketika masih berbentuk pipa2) dan sesudah dilas supaya las2annya senyawa. untuk meringankan bobot frame biasanya bagian yang ditipisin adalah bagian pipa yang gak kena las, sedangkan yang kena las dibuat lebih tebel, teknik ini biasa disebut butting. sedangkan untuk desain frame hampir semua frame aftermarket mirip2 dan kekuatannya hampir sama.

 tapi untuk patokan kasarnya kalo frame udah terlalu enteng (di bawah dua kilo) maka kekuatannya diragukan karena kemungkinan pip yang dipake terlalu tipis. karena segala kerumitan dalam bahan dan pengolahan makanya frame aftermarket itu lebih mahal, sedangkan frame bawaan fullbike, walaupun full chromo gak akan sekuat frame aftermarket karena gak diheat-treatment. 
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment